Membedakan Onepiece dan Twopiece Biola

6 komentar
Pada kali ini saya akan membagikan informasi biola tentang salah satu faktor yang mempengaruhi suara atau kualitas biola selain dari jenis kayu yang digunakan. Salah satu faktor lainnya adalah cara pembuatan si biola tersebut.

Dalam pembuatan biola ada 2 jenis cara membuatnya yaitu dengan cara:

Pertama, dapat menggunakan 1 buah kayu (one piece) yang langsung dihaluskan seperti gambar di bawah ini. Biola ini terbuat dari 1 kayu yang langsung dipotong.

Kedua, dapat menggunakan 2 buah kayu yang dirapatkan menjadi 1 bagian. Di bawah ini adalah contoh gambar biola twopiece. Pada bagian tengah biola dapat terlihat tempelan antara 2 kayu.
Pada umumnya biola onepiece katanya suaranya lebih baik dibanding yang twopiece. Dilihat dari harga pula biola onepiece umumnya lebih mahal dibanding twopiece. Pembuatan biola onepiece lebih sulit dibanding biola twopiece. Tetapi tidak menutup kemungkinan suara biola twopiece lebih baik dibanding biola onepiece.



Semoga informasi musik di atas bermanfaat :)

6 komentar:

sptnya ini berlaku pada gitar juga ya bro

22 Januari 2011 pukul 08.52 comment-delete

Sambil Browser dan Baca posting ini kayaknya kok enak sekali postingnya Komplit kategoty apalagi yg ini siapa tahu suatu saat pingin beli Biola

27 Januari 2011 pukul 00.46 comment-delete

nice info :D

16 Agustus 2011 pukul 00.34 comment-delete

sebenernya biola apapun tergantung pada si pengguna dan penempatan sound pose nya. ibarat seorang samurai menggunakan pisau melawan orang biasa yang membawa pisau.

Anonim
14 Oktober 2012 pukul 05.18 comment-delete

kebanyakan orang keliru, gan. biola two piece lebih bagus drpada yg one piece. kenapa? ini karena biola two piece menggunakan kayu yg dipotong dari 2 sisi yang bersamaan, dengan penempatan searah. dengan demikian, hasil yang didapatkan adalah kesamaan ketebalan antara piece satu dengan lainnya. berbeda konteks dengna biola one piece. biola one piece dipotong dalam 1 garisan kayu. kita tidak tahu apakah ketebalannya sama atau tidak. memang ketebalan ini tidak dilihat secara kasat mata. akan tetapi akan berpengaruh besar terhadap resonansinya. biola yang ketebalannya sama, menghasilkan resonansi yang stabil. dalam hal ini, biola two piece lebih banyak yang memiliki kesamaan ketebalan itu. tapi tidak menutup kemungkinan juga apabila ada biola one piece yang memiliki ketebalan yang sama. kendati demikian, harganya tentu akan sangat mahal dan sulit untuk diperoleh barangnya. biola one piece sebenarnya lebih mementingkan "estetika" / "penampilan" saja. jadi bukan suaranya yang disasar, melainkan keindahan biola-nya.

semoga membantu ^^

Anonim
18 November 2012 pukul 07.25 comment-delete

ketebalan body belakang biola onepiece maupun twopiece bisa diatur , namun kelebihan biola twopiece adalah stuktur serat dan komposisi sel2 kayunya hampir simetris di kedua bagian, ini yang akan mempengaruhi resonansi yg murni dan teratur .tetapi ketika biola onepiece dibuat dr bahan kayu yg sangat simetris hasilnya akan lebih bgs krn tdk ada sambungan lem dipusat getarannya ( tdk ada jump wave ). tks semoga bermanfaat.

11 Juni 2013 pukul 09.35 comment-delete
Posting Komentar

Copyright 2012 Blog Musik Samuel.