Hubungan Musik dengan Kepribadian Seseorang

30 komentar
Salah satu hal yang dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang adalah jenis musik yang didengarnya. Ketika saat dewasa, kita dapat memilih sendiri jenis musik yang kita sukai seperti Klasik, Pop, Jazz, Country, Rock, Metal, Dangdut, Disco. Kita akan menikmati suasana musik tersebut bila diperdengarkan sesuai selera musiknya. Agar tenang, kita mendengarkan Jazz. Agar bersemangat kita mendengarkan Rock dan Metal. Agar lebih santai, kita bisa mendengarkan lagu Blues atau Reggae. Semua itu tergantung selera setiap orang.

Kita dapat mengenal pribadi pria melalui jenis musik yang ia sukai

Klasik

Bila seorang pria menyukai musik Klasik, ketenangan merupakan bagian dari dirinya. Artinya, ia selalu tenang ketika menghadapi situasi apa pun. Hal itu disebabkan, ia bisa mengendalikan emosi dan memperhitungkan segala sesuatu secara matang sehingga tidak salah langkah dan menyesal.

Pop

Para pecinta musik Pop umumnya menyukai kepraktisan. Ia terlihat selalu santai tetapi bukan pemalas. Ia pandai membagi waktu. Dalam pergaulan, ia pandai menyenangkan hati orang lain. Bagi para cowok, kepandaiannya dalam hal satu ini sering membuat cewek simpati kepadanya.

Jazz

Ciri khas pria pecinta jenis musik ini romantis dan perfeksionis. Bila mengerjakan sesuatu, ia tak perna setengah-setengah karena selalu menginginkan hasil yang terbaik.

Country

Bila musik favoritnya adalah Country, itu pertanda orang tersebut memiliki jiwa petualang, menyukai kebebasan dalam arti positif. Biasanya dalam berpacaran pria penggemar Country lebih memilih cewek yang pengertian dan sehobi dengannya.

Rock

Para pria yang menggemari jenis musik ini, sifatnya keras dan egonya besar sekali. Walau begitu solideritas terhadap sahabat cukup tinggi. Selain itu, ia tergolong ambisius dan ingin dianggap nomor satu. Jika menyukai seorang wanita, dengan semangat, ia berusaha sampai berhasil mendapatkannya.

Disco

Pria yang menyukai disco sifatnya periang dan humoris sehingga membuat orang lain senang dan tertarik untuk mengobrol dengannya. Sayangnya, ia suka hura-hura dan mata keranjang. Namun ada hal lain yang dapat membuat orang suka kepadanya, yakni kreativitasnya yang tinggi sehingga kerap menghasilkan ide-ide cemerlang.

Hal-hal diatas merupakan hal positif musik yang berpengaruh didalam kehidupan seseorang. Karena berpengaruh terhadap kepribadian dan kepribadian tersebut akan berpengaruh dalam tindakan di lingkungan masyarakat.

Positifnya Mengikuti Sebuah Kompetisi Musik

15 komentar

Menurut Clark, banyak hal positif yang dapat diambil seusai kompetisi. Bila seorang siswa diikut sertakan ke dalam sebuah kompetisi, maka siswa tersebut akan memperoleh penilaian tentang mengapa mereka gagal dan dimana letak kekurangan mereka. Guru harus dapat segera menginterprestasikan, maka dalam sesi pemberian materi berikutnya harus ada yang ditambahkan atau diberi penekanan pada hal - hal yang perlu diperhatikan.

Bila dalam melakukan evaluasi ditemukan adanya beberapa kesalahan yang sama maka kedua pihak (guru dan orang tua) harus membicarakannya. Apakah latihan mereka sudah cukup efektif?

Sebaliknya jika siswa telah bermain musik sangat bagus, menandakan yang pertama bahwa telah terjalin kerjasama yang kompak antara guru dan orang tua, dan yang kedua, mencoba memainkan repertori yang lebih menantang lainnya. "Satu hal yang perlu diingat para orang tua, peserta dan guru bahwa kertas hasil penilaian juri bukanlah yang menentukan segala-galanya. Apapun hasilnya, angka-angka tersebut tidak dapat di jadikan sebagai tolok ukur bakat seorang anak. Juga bukan yang memastikan apakah guru si A atau si B itu sudah bekerja maksimal atau belum," kata Clark.

Setelah kompetisi, kesalahan dalam hal menginterprestasikan hasil kerja juri sering kali terjadi. Misalnya hasil penilaian juri diindikasikan bahwa sudah saatnya seorang siswa berganti guru apabila ia merasa gagal. Apabila selama belajar ditemukan hal-hal yang kuran tepat usahakanlah membicarakannya bersama dan berusaha memperbaiki dan menemukan jalan keluarnya. Jangan terbenak di pikiran untuk cepat-cepat mencari guru pengganti.

Di lain sisi, hasil penilaian juri dapat diibaratkan seperti seorang pasien yang mendapatkan diagnosa kedua dari dari seorang dokter yang berbeda. Hanya karena ada perbedaan pendapat dari seorang dokter berbeda bukan berarti pendapat dari dokter-dokter lainnya salah. Hal yang penting dari sebuah kompetisi adalah memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dan mempelajari agar dapat membenahi segala kelemahannya, itu adalah langkah yang paling tepat.

Tahapan Perkembangan Musikal Anak

51 komentar

Tahapan perkembangan musikal anak ini dikemukakan oleh Mlestones dan ditulis kembali oleh Shutter Duson dan Gabriel pada tahun 1981.

Berikut adalah tahap perkembangan musikal anak mulai dari lahirnya :

umur 0 - 1 tahun
-Anak dapat bereaksi terhadap suara

umur 1 - 2 tahun
-Memiliki kemampuan musik secara spontan

umur 2 - 3 tahun
-Dapat memproduksi kembali frase lagu yang didengarnya

umur 3 - 4 tahun
-Anak dapat memahami gambaran umum melodi
-Absolut pitch mulai berkembang bila ia belajar alat musik

umur 4 - 5 tahun
-Dapat membedakan register dari pitch beberapa nada
-Dapat menirukan dengan tepukan, irama sederhana yang diberikan

umur 5 - 6 tahun
-Dapat memahami dinamika lembut dan keras
-Dapat membedakan sesuatu yang sama dari yang berbeda pada tonalitas atau pola ritme yang sederhana

umur 6 - 7 tahun
-kemampuan bernyanyi dalam nada yang tepat, mulai berkembang
-musik tonal dapat dipahami lebih baik daripada musik atonal

umur 7 - 8 tahun
-dapat berapresiasi kesan konsonan dibandingkan yang disonan

umur 8 - 9 tahun
-kemampuan untuk menampilkan aspek ritmis berkembang

umur 9 - 10 tahun
-persepsi tentang ritmis berkembang
-kemampuan mengingat melodi berkembang
-melodi 2 suara dapat dipahami
-mulai memiliki rasa kadens

umur 10 - 11 tahun
-rasa harmoni semakin baik
-beberapa diantara mereka dapat mengapresiasikan hal - hal yang baik dari musik

umur 12 - 17 tahun (masuk kejenjang remaja)
-kemampuan apresiasi semakin meningkat terutama dalam kognitif dan respon emosi

Kesimpulannya musik dalam diri akan berkembang bila dilatih. Setiap tahapnya seperti menaiki tangga yang terus menuju ke atas. Sangat disarankan untuk melatihnya sejak dini.
Copyright 2012 Blog Musik Samuel.